Berapa Gaji Minimum Untuk Bisa Beli Rumah? Ini Hitungannya

Penghasilan atau biasa disebut dengan gaji memang menjadi bahan pertimbangan untuk bisa membeli rumah, terkadang kita bingung apakah gaji kita ini akan cukup untuk bisa membeli rumah walau harus menempuh jalur KPR, karena untuk membeli rumah secara tunai memang membutuhkan waktu menabung yang cukup lama, dan jika kita hanya mengandalkan penghasilan perbulan, maka membeli rumah dengan cara KPR mungkin bisa menjadi jalan yang paling tepat untuk bisa kamu jalani.


Sebagian besar orang mungkin sedikit dibingungkan untuk uang DP saat akan membeli rumah, namun jika kita merujuk ke pelonggaran Loan to Value “LTV”, maka siapa saja memiliki kesempatan untuk membeli rumah dengan sistem KPR dan DP 0 persen.

Mengapa bisa 0 persen? Sebab Bank Indonesia “BI” menyerahkan besaran LTV tersebut kepada perbankan, misal bila Bank bersedia memberikan LTV sebesar 100 persen, maka hitungan DP menjadi 0 persen. Dengan begitu kita tidak akan lagi dipusingkan dengan DP atau Down Payment.

Namun dengan membeli rumah tanpa DP biasanya kita akan diberatkan oleh cicilan yang lebih tinggi, maka darai itu hitungan jika kamu membeli rumah dengan kisaran harga 300 Juta Rupiah dengan tenor 15 tahun dan DP 0 persen, maka kamu membutuhkan biaya cicilan sebesar 2.920.739 Rupiah, atau dibulatkan menjadi 3 Juta Rupiah.

Jika dalam perbulan kamu memiliki gaji sebesar 4 juta maka kamu masih memiliki kemungkinan untuk bisa membeli rumah, namun 4 juta dirasa masih terlalu mepet, karena disisi lain kitapun membutuhkan dana lain misal untuk biaya pembayaran rekening listrik, air, dan kebutuhan lainnya.

Dengan begtu angka minimal untuk bisa merasa cukup tenang mungkin ada baiknya kamu memiliki penghasilan minimal 5 juta, dan jika penghasilan kamu di atas 5 juta maka itu lebih baik, dimana kamu masih akan memiliki sisa uang yang cukup banyak untuk digunakan kebutuhan lainnya.

Dan jika memang ternyata penghasilan kamu memang hanya sebesar 4 juta, ada baiknya kamu untuk mempertimbangkannya lagi, atau bisa saja kamu mulai untuk mencari bisnis atau kerja sampingan yang bisa menambah pemasukan perulan kamu, dengan begitu uang tambahan tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

Membeli rumah ini memang susah-susah gampang, namun ketika kamu yakin dan berusaha, maka tidak ada yang tidak mungkin, maka dari itu untuk bisa memiliki rumah ini kamu diperlukan memiliki motivasi yang cukup tinggi, agar impian untuk bisa memiliki rumah pribadipun bisa segera menjadi kenyataan.

Jadi buat kamu yang ingin membeli rumah, tetaplah semangat dan yakin bahwa kamu akan memiliki rumah yang kamu idam-idamkan.